macam macam perangkat keras komputer ~ Bmc.com

Thursday 7 January 2016

macam macam perangkat keras komputer

Perangkat Keras Komputer  

Perangkat keras komputer  atu sering kita kenal dengan hardware adalah komponen-komponen fisik yang bis kit lihat , yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).
Fungsi dari perangkat-perangkat ini bermacam – macam , diantaranya sebagai alat input, alat output, perangkat pemroses data, dan juga sebagai alat tambahan/asesoris dengan beragam fungsi tambahan yang tidak selalu ada di dalam komputer
Dari berbagai macam perangkat komputer itu lalu apa saja baik itu yang berfungsi  input, alat output  asesoris dls.dan di bawah ini penjelasan nya.

Macam-macam Perangkat Keras Komputer diantaranya:

1.    Motherboard
 perangkat keras komputer


FUNGSI MOTHERBOARD:
 Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor,VGA, Hardis,RAM, motherboard juga di sebut sebagai papan induk motherboard atau kata lainya mainboard adalah papan pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lain nya. mobo adalah komponen utama pada komputer karena di sana adalah tempat berkumpul nya komponen – komponen penting komputer dan tempat berlalu lalangnya data.

2.    PROCESSOR
 perangkat keras komputer



FUNGSI PROCESSOR :
Fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse, keyboard, yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri semacam translator gampangnya.
Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalam membangun suatu system sangat penting. Coba di arrange akan di pakai apa PC tersebut, Server, Gaming, Workstation, Multi Proses, Editing, Administrasi, Atau cuma sekadar punya saja.

3. Hardisk
perangkat keras komputer
hardisk diartikan sebagai media penyimpanan di mana data disimpan pada piringan metal yang bisa berputar. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang di sbut juga dengan track. Tiap- tiap track dibagi menjadi beberapa sector yang nantinya akan digunakan untuk pembagi pada hardisk. Hardisk merupakan media penyimpanan yang mempunyai kapasitas besar. Ukuran atau kapasitas hardist bermacam macam sesuai dengan kebutuhan PC kita


Fungsi hardisk:
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.

4. RAM


perangkat keras komputer

RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer. Berikut adalah jenis-jenis dari RAM.
FUNGSI RAM:
Fungsi RAM dalam komponen komputer sangat vital, karena RAM berfungsi untuk memegang arahan dan data yang akan di proses oleh processor. RAM bersifat volatile, yang artinya data yang disimpan oleh RAM akan hilang apabila komputer di matikan. Lokasi RAM berdekatan dengan processor.

macam macam perangkat keras komputer


5. VGA CARD
 perangkat keras komputer
FUNGSI VGA CARD:
fungsi utama komponen ini ialah untuk memproses segala yang berhubungan dengan grafis atau tampilan dari sistem operasi (Windows, Linux etc) untuk ditampilkan kembali ke layar monitor anda. Komponen ini juga menghubungkan antara komputer kita dengan monitor sehingga sinyal digital gambar bisa diubah menjadi sesuatu yang kita bisa lihat dan pahami. Memakai sebuah komputer yang tidak memiliki kartu VGA ini sama saja dengan memakai komputer dengan menutup mata, dan biasanya komputer tidak akan bisa hidup tanpa adanya kartu VGA ini. Bentuk komponen ini sederhana, hanya sebuah papan sirkuit dengan beberapa IC yang biasanya memiliki pendingin alumunium baik disertai kipas maupun tidak.

6. PC Cooler/ Heatsink
Bmc.com


PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer atau dengan kata lain fungsi nya eperti kipaaas angin untuk pc . Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/ heatsink sangatlah penting






7. Optical drive
perangkat keras komputer

Optical drive merupakan salah atu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.



8.Power Supply
 perangkat keras komputer
Power Supply adalah sebagai alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang lainnya. Power supply biasanya digunakan untuk komputer sebagai penghantar tegangan listrik secara langsung kepada komponen-komponen atau perangkat keras lainnya yang ada di komputer tersebut, seperti hardisk, kipas, motherboard dan lain sebagainya. Power supply memiliki input dari tegangan yang berarus alternating current (AC) dan mengubahnya menjadi arus direct current (DC) lalu menyalurkannya ke berbagai perangkat keras yang ada dikomputer kita. Karena memang arus direct current (DC)-lah yang dibutuhkan untuk perangkat keras agar dapat beroperasi, direct current biasa disebut juga sebagai arus yang searah sedangkan alternating current merupakan arus yang berlawanan.

9. Keyboard


 perangkat keras komputer

Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.


10. CPU (Central Processing Unit)
cpu

CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.






11. AGP Card (Accelerated Graphics Port)


AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.
12. Speaker
Bmc.com

Speaker adalah perangkat keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.seperti untuk mendengarkan musik atu suara lainya dlam komputer

13. WebCam
web camp

WebCam adalah  kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui internet , seperti program cheting atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.
14. Monitor
monitor
 adalah sebuah perangkat output  yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.







15. Mouse
mouse


Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai
penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.







16. NIC/ LAN Card
nic.lancard

NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, antaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).

17. Printer

bmc.com

Printer  berfungsi sebagai alat output yng berfungsi untuk mencetak  dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer

Oke sob itulah penjelasan mengenai macam macam perangkat keras komputer namun sebenarnya masih banyak lagi yang belum saya tulis mungkin dalam kesempatan lain kali akn saya teruskan dalam postingan berikutnya

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More